Efektifitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam

Terdapat tiga kompoen utama yang harus diperhatikan dalam studi tentang efektifitas organisasi pendidikan, yaitu :
  1. Cakupan pengaruh.
  2. Kesempatan aksi yang digunakan untuk mencapai pengaruh tertentu (ditandai dengan mode pendidikan.
  3. Fungsi-fungsi dan mekanisme yang mendasari dan menjelaskan mengapa tindakan tertentu mendorong ke arah pencapaian pengaruh.
Efektifitas pendidikan dalam setiap tahapannya berproses dengan indikator-indikator sebagai berikut:
  1. Indikator input, meliputi karakteristik guru, fasilitas, perlengkapan dan materi pendidikan serta kapasitas manajemen.
  2. Indikator proses, meliputi prilaku administratif, alokasi waktu guru, dan alokasi waktu peserta didik.
  3. Indikator out put, berupa hasil-hasil dalam bentuk perolehan peserta didik meliputi hasil prestasi belajar, sikap, keadilan dan persamaan.
  4. Indikator out come, meliputi jumlah lulusan ketingkat pendidikan berikutnya, prestasi belajar di sekolah yang lebih tinggi dan pekerjaan serta pendapatan.
https://drive.google.com/file/d/1Y8YK9QNIM_hSZW1bBzPL1WgD1FU_EaoX/view?usp=sharing
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa efektifitas merupakan satu dimensi tujuan manajemen yang berfokus pada hasil, sasaran, dan target yang diharapkan. Lembaga pendidikan yang efektif adalah lembaga pendidikan yang menetapkan keberhasilan pada input, proses, output, dan outcome yang ditandai dengan berkualitasnya indikator-indikator tersebut. Sehingga dengan demikian, efektifitas lembaga pendidikan bukan sekedar pencapaian sasaran dan terpenuhinya berbagai kebutuhan untuk mencapai sasaran, tetapi berkaitan erat dengan syaratnya indikator tersebut dengan mutu, atau dengan kata lain ditetapkannya pengembangan mutu lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar