Perumusan Visi, Misi dan Nilai dalam Lembaga Pendidikan

Visi merupakan nilai atau tujuan yang hendak dicapai oleh pemerintah dan menjadi kesepakatan serta acuan bersama dalam melaksanakan kegiatan. Sedangkan misi merupakan taktik atau cara yang akan dilakukan untuk segala bentuk aktivitas atau kegiatan yang mengacu pada pencapaian visi dan misi suatu organisasi. Visi dan misi yang telah dirumuskan tersebut akan menjadi pedoman seluruh anggota suatu organisasi beserta aktivitas masyarakatnya untuk membantu dan berkostribusi untuk mencapai tujuan dan agar seluruh komponen yang terkait memiliki satu pandangan yang sama dalam mencapai tujuan.. Adapun pengertia n visi dan misi lainnya dari ebberapa ahli dapat diabarkan berikut ini:
Visi berasal dari kata vision yang menggambarkan pandangan ke depan dari suatu harapan yang mengadung nilai etika(etical value) perusahaan dalam menjalanakan bisnisnya. Sedangkan  misi berasal dari kata mission merupakan bagian dari visi, tetapi berkaitan dengan kode perilaku perusahaan. Contoh visi dari pabrik sepeda yang akan didirikan, pernyataannya adalah kalimat: “satu rumah tangga satu sepeda”. Sedangkan contoh misi misalnya, “Bersepeda menyehatkan badan dan menjaga lingkungan hidup”. Artinya perusahaan bertugas mempunyai misi sosial lingkungan hidup dan menyehatkan masyarakat.
Visi adalah serangkaian kata-kata bahkan rangkaian kalimat mengungkapkan impian, cita-cita, rencana, harapan sebuah perusahaan organisasi yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah untaian kalimat yang berisi tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan/organisasi kepada masyarakat, berupa produk dan jasa yang memiliki tujuan untuk menyampaian kepada stakeholder organisasi dalam maupun luar, berisi tentang latar belakang berdirinya perusahaan, arah dan tujuan perusahaan.
Misi adalah maksud dan kegiatan utama yang membuat organisasi emiliki jati diri yang khas dan sekaligus membedakannya dari organisasi lain yang bergerak dalam bidang jenis usaha yang sejenis.
Misi suatu organisasi adalah maksud khas (unik) dan mendasar yang membedakan organisasi dari organisasi-organisasi lainnya dan mengidentifikasikan ruang lingkup operasi dalam hal produk dan pasar atau menunjukkan fungsi yang hendak dijalankanya dalam sistem sosial dan ekonomi tertentu. 
https://drive.google.com/file/d/1v7UvNfvQmrq2ULrjhkuymJcEoxgj-psP/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar