Telaah Lingkungan Strategik - Manajemen LPI

Organisasi hidup dalam suatu system yang selalu saling berhubungan dan mempengaruhi. Sehingga untuk mempertahankan eksistensinya tersebut, organisasi perlu mengenali dan menguasai berbagai informasi lingkungan strategiknya. Untuk mendapatkan strategi yang tepat dan valid, penyusunan rencana strategik sebagai bentuk action plan organisasi perlu didasarkan pada suatu analisis lingkungan strategik.

Tujuan kegiatan telaah lingkungan adalah untuk mengenali kekuatan dan kelemahan internal organisasi dan memahami peluang dan tantangan eksternal organisasi sehingga organisasi dapat mengantisipasi perubahan-perubahan dimasa yang akan datang. Disamping itu, dengan menggunakan informasi dari hasil telaah tersebut organisasi lebih berkemampuan untuk mengambil langkah-langkah dalam jangka panjang. LAN-RI (2004:95) menyebutkan beberapa manfaat dari telaah lingkungan strategik antara lain:
  1. Mendeteksi perubahan-perubahan dan peristiwa-peristiwa penting, khususnya berkaitan dengan bidang sosial, politik, ekonomi, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mendefinisikan tantangan, peluang atau perubahan-perubahan yang diakibatkan oleh peristiwa-peristiwa penting tersebut diatas, terhadap organisasi.
  3. Memberikan informasi mengenaiorientasi masadepan kepada setiap jajaran pimpinan dan staf.
  4. Memberikan sinyal kepada seluruh jajaran tentang apa yang harus diperbuat terhadap organisasi, seperti: mempercepat atau memperlambat proses manajemen, melakukan interaksi dengan instansi lain, dan lainnya.
https://drive.google.com/file/d/1MiWtX58J7WnYCI4ewW5TddGiVggjr8ub/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar